Home > keimanan, shahih muslim > dasar-dasar islam 2

dasar-dasar islam 2

Hadist pertama

Daru Thalhah bin Ubaidillah, katanya: : datang kepada Rasulallah saw seorang laki-laki dari Nadjdi dengan rambut yang kusut masai, kami mendengar gema suaranya tetapi tak mengerti apa yang dikatakannya. Ia mendekati Rasulallah saw, kiranya ia bertanya tentang islam. Jawab Rasulallah saw, “lima kali sembahyang dalam waktu sehari semalam, puasa bulan Ramadhan dan mengeluarkan zakat.” Orang itu bertanya lagi tentang tiap-tiap bahagian dari jawaban Rasulallah saw. Itu katanya :”adakah kewajibanku lain daripada itu?” jawab Rasulallah saw, “tidak, kecuali jika anda mau mengerjakan sembahyang sunnat, puasa sunnat dan berderma.” Berkata Thalhah; “orang itu pun lalu pergi sambil berkata : “ demi Allah swt , tidaklah saya akan melebihi dan mengurangi daripadanya.” Kata Rasulallah saw, “ berbahagialah dia jika menepatinya.” ( HR.Muslim )

Hadist kedua

Dari anas bin Malik

Katanya, “kami dilarang bertanya sesuatu kepada Rasulallah saw. Oleh karena itu kami senantiasa mengharapkan kedatangan seseorang yang cerdik dari daerah pedalaman untuk bertanya kepada Rasulallah saw. Dan kami mendengarnya. Pada suatu ketika kebetulan datanglah seorang laki-laki dari daerah pedalaman lalu bertanya kepada Rasulallah saw katanya, “ telah datang utusan tuan kepada kami dan berkata bahwa tuan mengaku telah dibangkit Allah swt menjadi Rasul. jawab Rasulallah saw “benar”. Bertanya pula orang itu, “siapakah yang menciptakan langit, bumi dan memancangkan gunung-gunung serta menjadikan makhluk-makhluk yang ada padanya…?” jawab Rasulallah saw, “Allah swt” kata orang itu, “demi Allah swt yang menciptakan langit,bumi,dan memancangkan gunung-gunung serta menjadikan makhluk-makhluk yang ada padanya?” jawab Rasulallah saw “Allah swt “.kata orang itu, “ demi Allah swt yang menciptakan langit, bumi, dan memancangkan gunung-gunung ini, adakah sebenarnya Allah swt telah mengutus tuan sbagai Rasul_Nya? Jawab Rasulallah “ya”. Kata orang itu lagi, “ utusan tuan mengatakan bahwa kami berkewajiban lima kali sembahyang sehari semalam, mengeluarkan zakat harta kami, puasa bulan ramadhan tiap-tiap tahun, dan pergi haji bagi yang kuasa; apakah benar tuan di utus dengan ini semuanya?” (maka Rasulallah saw menjawab tiap-tiap bahagian dari pertanyaan orang itru dengan perkataan beliau bahwa semuanya itu benar ). Kata anas, orang itupun lalu berbalik sambil berkata: “ demi Allah swt yang mengutus tuan dengan kebenaran, tidaklah saya akan melebihi dan mengurangi dari pada ini.” Maka Rasulallah saw bersabda, “ jika benar ditepatinya, niscaya ia akan masuk syurga.” (HR.Muslim )

Dengan dua hadist yang ini, saya bermaksud untuk memberikan sebuah ketenangan bagi orang bodoh seperti saya ini. Orang-orang bodoh yang teramat sangat sulit sekali untuk beribadah kepada_Nya. Bahwasanya, meskipun islam kita hanyalah cangkang, tapi percayalah, semuanya tidak akan sia-sia. Laksanakanlah apa yang bisa dan sanggup kita laksanakan ( tapi jangan sekali-kali untuk meminimalisir kesanggupan kita ). Dan tetaplah dalam cangkang (islam) yang sama sampai akhir hayat kita. mudah-mudahan, kita ( para orang bodoh ) dapat bersama-sama mereka ( para pemilik cangkang ) di akhirat kelak. Meskipun hanya minum cendol dipinggir jalan, tapi kan kita masih naik mobil mewah……!

Namun demikian, seperti yang saya katakan tadi pada dasar-dasar islam bag 1, bahwa sanya kita jangan terlalu berharap mendapatkan kemudahan dari sang Maha pencipta, karena memang kita ini hanyalah numpang, bukan pemilik cangkang. Dan itulah salah satu sebab tidak terkabulnya do’a yang kita panjatkan. Karena memang tidak ada sesuatu yang dapat kita pakai untuk jaminan untuk_Nya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: